Minggu, 21 Juli 2013

artikel mengenai cara membuat, cara setting/konfigurasi dan cara menggunakan dengan mudah email gmail, ymail & live mail


CARA MENGGUNAKAN EMAIL GMAIL
Sahabaat Sekarang saya akan bahas bagaimana cara berkirim E-mail dengan menggunakan Gmail, silahkan anda perhatikan langkah-langkah di bawah ini dengan seksama !
  • Pertama buka www.gmail.com dan login dengan menggunakan akun anda.
  • Setelah itu cari tombol yang bertuliskan COMPOSE lalu klik tombol tersebut !
  • Coba anda perhatikan, ada 4 hal penting disitu :
1.     Kolom yang paling pertama silahkan isikan dengan alamat E-mail penerima/tujuan.
2.     Kolom kedua isikan dengan topik dari E-mail yang akan anda kirim.
3.     Bagian yang ketiga adalah tempat untuk anda menuliskan pesan anda.
4.     ATTACH berfungsi untuk menyertakan/melampirkan file dari komputer anda untuk dikirim melalui E-mail.
  • Langkah terkahir untuk mengirim E-mail yang sudah anda buat adalah dengan menekan tombol SEND berwarna merah di bagian kiri atas pada gambar.. Maka setelah itu akan muncul pesan yang berisi pemberitahuan bahwa E-mail anda berhasil terkirim.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka sekarang anda sudah bisa berkirim surat secara online dengan menggunakan layanan Gmail. Silahkan anda coba praktekan sendiri, dan bila anda mendapatkan kesulitan jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar.

Saya rasa artikel Cara Mengirim Email Lewat Gmail cukup sampai disini saja. Semoga bermanfaat !


CARA MENGGUNAKAN YMAIL ( MENGIRIM )
Asalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini kita memasuki babak baru buat yang Baru Belajar membuat Email dan Mengunakan Layanannya.
Di Posting sebelumnya pasti kalian udah bisa kan membuat Emailnya.. nahh Sekarang kita Masuk dalam bab Cara/ Panduan Mengunakan Yahoo Mail...Mulai dari Cara Masuk ke Akun Kita, Cara Mengirim  Email, Melihat Isi Email, Menu -menu yang Sudah di sediakan dan Semua Yang berhubungan dengan Layanan Yahoo Mail.

Pertama -tama kita Login/ Masuk ke Yahoo.com untuk mengakses Akun email Kita....Seperti yang ada di gambar di bawah ini.



Pilih Sign In untuk masuk ke Akun Email
Setelah Itu kita isikan Email Yang sudah Kita Bikin..... dan Paswordnya .....


Masukan Email dan Password Kalian


Setelah Kita Masuk ke Email kita dengan mengisikan Alamat email dan Passwordnya Maka tampilannya akan Seperti ini...


kalo mau masuk ke akun emil kita ... Tingall pilih Mail
Setelah itu Kita Pilih Mail aja Untuk masuk ke Akun email Kita.Ini Dia Dasbornya.. dari Yahomail


Tampilan Awal akun Email Kita Di Yahoo Mail
Dan jika kita Inggin Melihat Inbox.. atau Email Yang Masuk ke akun kita Silahkan kalian Pilih menu Email Masuk..


Tampilan Laman Email Masuk Atau Inbox

Nahh jika kalian ingin Melihat Email yang masuk Kalian tinggal Pilih aja ... Dan Klik aja Nanti akan muncul Pesan yang ada di dalamnya...

Sekarang Gimana caranya Membuat Pesan Email.. ..

Kita Pilih Menu Tulis Pesan Yang ada Di Pojok Kiri... Nahh gambarnya seperti ini nie....

Kalo Udah nanti tampilannya seperti ini......


Tampilan Membuat pesan Email

Seperti itu tampilannya.... dan kalian harus menulis Ke mana Pesan itu akan Di Kirim dan Judulnya.. apa trus ininya apa...

Kalo udah selesai menulis Pesannnya Kita tinggal Pilih Kirim Yang ada Di atas...
Secara otomatis Maka.. email yang kita kirim akan langsung Masuk ke Tujuannya.
Dan jika kalian inggin mengirim Pesan yang berupa File (Gambar, Data, dokumen,lagu,vidoe, dll) kalian tinggal pilih menu Lampiran ....
Lalu kita pilih Jenis File yang akan Kita Sisipkan.. 
Misal Saya akan memasukan gambbar....
Nah tinggal Pilih Gambar yang akan di masukan Trus Pilih Open....
Tunggu sampai Loading Pengambilan (Uploadnya) Selesai.

Nanti hasilnya akan Seperti Di bawah ini......

Kalo udah tampilannya seperti itu Berarti File yang kita masukan/ Lampirkan suah siap untuk di Kirim.... Tinggal kirim deh Ke tujuan...

CARA MENGGUNAKAN EMAIL LIVE
Berikut ini langkah – langkah membuat email domain sendiri dengan menggunakan layanan windows live
1. Sign up ke windows live alamatnya domains.live.com kemudian klik get started
2. Maka akn muncul halaman berikut, isikan nama domain anda kemudain klik continue

3. Klik continue, dan buat sebuah akun sebagai id pada windows live

4. Isikan form isian windows live id kemudian masuk ke step berikutnya
5. Anda akan diminta untuk verify email adress, klik send mail dan buka email anda, kemudian klik link verifikasi

6. Setelah terverifikasi maka akan ada pemberitahuan “Your email address is verified” kemudian klik ok
7. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman review setting and accept agreement, jika dirasa sudah ok maka bisa klik ‘i accept’
8. Langkah berikutnya adalah domain setting. Pada langkah ini dibutuhkan setting pada mx record.

9. Jika Anda memiliki akun hosting, maka bisa login ke control panel dan masuk ke menu mx entry

10. Masuk ke menu mx entry dan isikan sesuai petunjuk dari windows mail, sehingga nanti hasilnya menjadi

11. Ada baiknya selain menambahkan mx record, kita juga menambahkan txt record agar email server lain percaya dengan email yang dikirim dari email dengan domain Anda sendiri. Caranya masuk ke pengaturan DNS dan tambahkan txt record-nya. Kalau sudah, lalu kembali ke halaman admin windows mail dan klik refresh
12. Jika berhasil maka Anda akan dibawa pada halaman seperti gambar dibawah, Anda dapat menambahkan akun email @namadomain.com. Saat artikel ini ditulis, anda dapat menambahkan akun sampai dengan 500 akun

13. Klik add untuk menambah akun email baru. Pada account name cukup diisi nama user saja misal diisi admin, maka nanti otomatis akan tercipta akun dg nama admin@namadomain.com. Perlu diperhatikan bahwa di dalam penambahan akun email baru ini di bagian bawah form ada pilihan “Require password change at first login” artinya jika Anda centang maka nanti saat login pertama kali akan diminta mengganti password dengan password baru. Klik OK

14. Setelah klik ok, maka akun baru telah dibuat, dengan nama admin@namadomain.com, selanjutnya silahkan menambahkan akun baru lagi sesuai keinginan. Saat ini email bisa digunakan. Silahkan login dengan url http://mail.live.com. Akan tetapi beberapa orang lebih senang menggunakan url dengan domain sendiri untuk alamat login misalnya http://mail.namadomain.com. Hal ini bisa dilakukan dengan custom adress, silahkan klik menu custom adress kemudian klik ‘Add’ dan isikan mail pada kolom CNAME lalu klik OK
15. Selanjutnya perlu pengaturan CNAME record juga pada pengaturan DNS untuk domain, jika domain anda memilki hosting dan menggunakan control panel, maka silahkan login ke cpanel dan masuk ke menu advance dns zone. Edit record mail.namadomain.com dan arahkan CNAME record ke go.domains.live.com
16. Sampai disini sudah selesai, anda bisa login email admin@namadomain.com pada alamat url http://mail.namadomain.com

0 komentar:

Posting Komentar