CARA MENGGUNAKAN EMAIL GMAIL
Sahabaat Sekarang
saya akan bahas bagaimana cara berkirim E-mail dengan menggunakan Gmail,
silahkan anda perhatikan langkah-langkah di bawah ini dengan seksama !
- Pertama buka www.gmail.com dan login dengan menggunakan akun anda.
- Setelah itu cari tombol yang bertuliskan COMPOSE lalu klik tombol tersebut !
- Coba anda perhatikan, ada 4 hal penting disitu :
1.
Kolom
yang paling pertama silahkan isikan dengan alamat E-mail penerima/tujuan.
2.
Kolom
kedua isikan dengan topik dari E-mail yang akan anda kirim.
3.
Bagian
yang ketiga adalah tempat untuk anda menuliskan pesan anda.
4.
ATTACH
berfungsi untuk menyertakan/melampirkan file dari komputer anda untuk dikirim
melalui E-mail.
- Langkah terkahir untuk mengirim E-mail yang sudah anda buat adalah dengan menekan tombol SEND berwarna merah di bagian kiri atas pada gambar.. Maka setelah itu akan muncul pesan yang berisi pemberitahuan bahwa E-mail anda berhasil terkirim.
Dengan
mengikuti langkah-langkah di atas maka sekarang anda sudah bisa berkirim surat
secara online dengan menggunakan layanan Gmail. Silahkan anda coba praktekan
sendiri, dan bila anda mendapatkan kesulitan jangan ragu untuk bertanya melalui
kolom komentar.
Saya rasa
artikel Cara Mengirim Email Lewat Gmail cukup sampai disini saja.
Semoga bermanfaat !
CARA MENGGUNAKAN YMAIL ( MENGIRIM )
Asalamualaikum
Wr. Wb.
Kali ini
kita memasuki babak baru buat yang Baru Belajar membuat Email dan Mengunakan
Layanannya.
Di Posting
sebelumnya pasti kalian udah bisa kan membuat Emailnya.. nahh Sekarang kita
Masuk dalam bab Cara/ Panduan Mengunakan Yahoo Mail...Mulai dari Cara
Masuk ke Akun Kita, Cara Mengirim Email, Melihat Isi Email,
Menu -menu yang Sudah di sediakan dan Semua Yang berhubungan dengan Layanan
Yahoo Mail.
Pertama
-tama kita Login/ Masuk ke Yahoo.com untuk mengakses Akun email
Kita....Seperti yang ada di gambar di bawah ini.
|
|
Pilih Sign In untuk masuk ke Akun Email
Setelah
Itu kita isikan Email Yang sudah Kita Bikin..... dan Paswordnya
.....
|
Masukan
Email dan Password Kalian
|
Setelah
Kita Masuk ke Email kita dengan mengisikan Alamat email dan Passwordnya
Maka tampilannya akan Seperti ini...
|
kalo mau
masuk ke akun emil kita ... Tingall pilih Mail
|
Setelah
itu Kita Pilih Mail aja Untuk masuk ke Akun email Kita.Ini Dia Dasbornya..
dari Yahomail
|
Tampilan
Awal akun Email Kita Di Yahoo Mail
|
Dan jika
kita Inggin Melihat Inbox.. atau Email Yang Masuk ke akun kita Silahkan
kalian Pilih menu Email Masuk..
|
Tampilan
Laman Email Masuk Atau Inbox
|
Nahh jika
kalian ingin Melihat Email yang masuk Kalian tinggal Pilih aja
... Dan Klik aja Nanti akan muncul Pesan yang ada di dalamnya...
Sekarang
Gimana caranya Membuat Pesan Email.. ..
Kita Pilih
Menu Tulis Pesan Yang ada Di Pojok Kiri... Nahh gambarnya seperti ini nie....
Kalo Udah nanti tampilannya seperti ini......
|
Tampilan
Membuat pesan Email
|
Seperti
itu tampilannya.... dan kalian harus menulis Ke mana Pesan itu akan Di
Kirim dan Judulnya.. apa trus ininya apa...
Kalo udah
selesai menulis Pesannnya Kita tinggal Pilih Kirim Yang ada Di atas...
Secara
otomatis Maka.. email yang kita kirim akan langsung Masuk ke Tujuannya.
Dan jika
kalian inggin mengirim Pesan yang berupa File (Gambar, Data,
dokumen,lagu,vidoe, dll) kalian tinggal pilih menu Lampiran ....
Lalu kita
pilih Jenis File yang akan Kita Sisipkan..
Misal Saya
akan memasukan gambbar....
Nah
tinggal Pilih Gambar yang akan di masukan Trus Pilih Open....
Tunggu
sampai Loading Pengambilan (Uploadnya) Selesai.
Nanti
hasilnya akan Seperti Di bawah ini......
Kalo udah
tampilannya seperti itu Berarti File yang kita masukan/ Lampirkan suah siap
untuk di Kirim.... Tinggal kirim deh Ke tujuan...
CARA MENGGUNAKAN EMAIL LIVE
Berikut ini
langkah – langkah membuat email domain sendiri dengan menggunakan layanan
windows live
1. Sign up ke windows live alamatnya domains.live.com kemudian klik get started
2. Maka akn muncul halaman berikut, isikan nama domain anda kemudain klik continue
1. Sign up ke windows live alamatnya domains.live.com kemudian klik get started
2. Maka akn muncul halaman berikut, isikan nama domain anda kemudain klik continue
3. Klik
continue, dan buat sebuah akun sebagai id pada windows live
4. Isikan form
isian windows live id kemudian masuk ke step berikutnya
5. Anda akan diminta untuk verify email adress, klik send mail dan buka email anda, kemudian klik link verifikasi
5. Anda akan diminta untuk verify email adress, klik send mail dan buka email anda, kemudian klik link verifikasi
6. Setelah
terverifikasi maka akan ada pemberitahuan “Your email address is verified”
kemudian klik ok
7. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman review setting and accept agreement, jika dirasa sudah ok maka bisa klik ‘i accept’
8. Langkah berikutnya adalah domain setting. Pada langkah ini dibutuhkan setting pada mx record.
7. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman review setting and accept agreement, jika dirasa sudah ok maka bisa klik ‘i accept’
8. Langkah berikutnya adalah domain setting. Pada langkah ini dibutuhkan setting pada mx record.
9. Jika Anda
memiliki akun hosting, maka bisa login ke control panel dan masuk ke menu mx
entry
10. Masuk ke
menu mx entry dan isikan sesuai petunjuk dari windows mail, sehingga nanti
hasilnya menjadi
11. Ada
baiknya selain menambahkan mx record, kita juga menambahkan txt record agar
email server lain percaya dengan email yang dikirim dari email dengan domain
Anda sendiri. Caranya masuk ke pengaturan DNS dan tambahkan txt record-nya.
Kalau sudah, lalu kembali ke halaman admin windows mail dan klik refresh
12. Jika berhasil maka Anda akan dibawa pada halaman seperti gambar dibawah, Anda dapat menambahkan akun email @namadomain.com. Saat artikel ini ditulis, anda dapat menambahkan akun sampai dengan 500 akun
12. Jika berhasil maka Anda akan dibawa pada halaman seperti gambar dibawah, Anda dapat menambahkan akun email @namadomain.com. Saat artikel ini ditulis, anda dapat menambahkan akun sampai dengan 500 akun
13. Klik add
untuk menambah akun email baru. Pada account name cukup diisi nama user saja
misal diisi admin, maka nanti otomatis akan tercipta akun dg nama
admin@namadomain.com. Perlu diperhatikan bahwa di dalam penambahan akun email
baru ini di bagian bawah form ada pilihan “Require password change at first
login” artinya jika Anda centang maka nanti saat login pertama kali akan
diminta mengganti password dengan password baru. Klik OK
14. Setelah
klik ok, maka akun baru telah dibuat, dengan nama admin@namadomain.com,
selanjutnya silahkan menambahkan akun baru lagi sesuai keinginan. Saat ini
email bisa digunakan. Silahkan login dengan url http://mail.live.com. Akan
tetapi beberapa orang lebih senang menggunakan url dengan domain sendiri untuk
alamat login misalnya http://mail.namadomain.com. Hal ini bisa dilakukan dengan
custom adress, silahkan klik menu custom adress kemudian klik ‘Add’ dan isikan
mail pada kolom CNAME lalu klik OK
15. Selanjutnya perlu pengaturan CNAME record juga pada pengaturan DNS untuk domain, jika domain anda memilki hosting dan menggunakan control panel, maka silahkan login ke cpanel dan masuk ke menu advance dns zone. Edit record mail.namadomain.com dan arahkan CNAME record ke go.domains.live.com
16. Sampai disini sudah selesai, anda bisa login email admin@namadomain.com pada alamat url http://mail.namadomain.com
15. Selanjutnya perlu pengaturan CNAME record juga pada pengaturan DNS untuk domain, jika domain anda memilki hosting dan menggunakan control panel, maka silahkan login ke cpanel dan masuk ke menu advance dns zone. Edit record mail.namadomain.com dan arahkan CNAME record ke go.domains.live.com
16. Sampai disini sudah selesai, anda bisa login email admin@namadomain.com pada alamat url http://mail.namadomain.com







0 komentar:
Posting Komentar